Resep Sambal Cabai Hijau Asli Padang

Advertisement
Bagi anda pecinta masakan padang pasti tidak asing dengan sambal yang satu ini. Ini dia sambal cabe hijau, sambal ini biasa digunakan sebagai pendamping berbagai menu masakan padang. Sambal ini sungguh lezat jika disandingkan dengan masakan padang yang rata-rata berkuah santan. Apalagi sambal cabe hijau asli Padang tentunya memiliki rasa khas tersendiri dibanding sambal cabe hijau lainnya. Siapapun anda pasti akan menyukai rasa dari sambal ini.

Resep dan cara membuat masakan sambel cabe hijau khas Padang

Sambal cabe hijau asli Padang memang unik, bentuknya yang kasar alias tidak diulek secara halus merupakan perbedaan mencolok dibandingkan jenis sambal lainnya. Jika anda tertarik untuk merasakan sambal ini, anda tidak harus membelinya di warung Padang kok.

Kami akan menjelaskan cara membuat sambal cabe hijau asli padang sekaligus bahan-bahan resep yang dibutuhkan. Caranya cukup mudah kok bahkan bagi anda yang tidak terbiasa memasak sekalipun.


Bahan Resep Sambal Cabe Hijau Asli Padang


  • 100 gr cabe hijau
  • 3 buah tomat hijau
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak Goreng


Cara Membuat Sambal Cabai Hijau Khas Padang


1. Pertama, rebuslah cabe hijau, bawang merah, bawang putih dan juga tomat hijau yang sudah dipotong menjadi dua. Rebus hingga semua bahan tersebut menjadi layu dan warna cabe hijaunya pun juga berubah. Kemudian angkat dan tiriskan.
2. Selanjutnya ulek bahan-bahan yang sudah direbus tadi bersama dengan gula dan garam secukupnya. Cabe hijaunya tidak perlu diulek terlalu halus, buat saja agak kasar sesuai aslinya.
3. Panaskan minyak goreng secukupnya dengan api kecil, lalu tumis sambal  hingga harum.
4. Selesai, sambal cabe hijau asli Padang siap dihidangkan sebagai pendamping menu utama anda.

Mudah bukan cara membuat sambal cabe hijau ala masakan Padang ?. Jadi anda bisa mempraktekkan sendiri resep ini di rumah, bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapatkan. Dengan sedikit kreatifitas, anda juga dapat berkreasi dengan menambahkan beberapa bahan lain seperti terasi. Karena terasi akan membuat sambal cabe hijau menjadi lebih kaya rasa dan juga gurih.

Sambal ini akan cocok sekali dinikmati dengan lauk  belut goreng, ayam goreng, ikan goreng maupun bebek goreng. Anda wajib mencoba resep sambal cabe hijau ini agar merasakan sendiri betapa maknyusnya sambal khas Padang ini.

Silahkan simak juga resep sambal lainnya di situs ini, banyak loh jenis-jenis sambal lainnya yang mungkin belum anda ketahui. Cobalah mempraktekkan resep sambal yang mungkin menarik bagi anda, karena bagaimanapun makan tanpa sambal terasa kurang lengkap. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sedang ingin mengetahui tentang resep sambal cabe hijau asli Padang.

Advertisement
Resep Sambal Cabai Hijau Asli Padang | Andri Widodo | 5