Resep Es Dawet Bayat Manis dan Segar

Advertisement
Dawet Bayat merupakan minuman dawet khas dari daerah Bayat, Klaten. Pada dasarnya rasa dan bahan utama dawet bayat hampir sama dengan es dawet lainnya. Yaitu meliputi gula jawa, cendol dan santan kelapa. Dan kali ini kita akan mengulas secara lengkap seputar resep es dawet bayat ini.

resep membuat es dawet bayat

Sejarah es dawet sendiri sebenarnya berasa dari desa Bogem. Sebuah desa kecil di perbatasan gunungkidul, yang mana dari sanalah lahir es dawet bayat. Hingga kini es dawet bayat populer dijual di daerah Solo, Klaten, Yogyakarta, Wonogiri dan sekitarnya.

Ciri khas penjual es dawet bayat biasanya masih menggunakan peralatan klasik. Yaitu memakai dua buah kuali gerabah yang digabungkan dengan sepasang rotan. Dan juga menggunakan alat bernama keduk untuk menyiduk larutan es dawet.

cara membuat es dawet bayat
penjual es dawet bayat

Kembali ke topik, perbedaan utama antara es dawet bayat dengan es dawet lainnya adalah pada bahan membuat cendolnya. Es Dawet bayat menggunakan tepung pati untuk membuat cendol. Sementara minuman es dawet telasih dari Solo menggunakan tepung beras. Selengkapnya yuk simak bahan bahan membuat es dawet bayat klaten berikut.


Resep Membuat Minuman Es Dawet Bayat



Bahan bahan


  • Tepung Pati
  • Pandan Wangi
  • Kelapa untuk membuat santan
  • Es Batu
  • Gula Jawa
  • Gula Batu
  • Gula Pasir
  • Air Bersih



Cara Membuat Dawet Bayat


  1. Pertama, Tepung Pati direndam selama satu malam, kemudian buang air rendaman pati.
  2. Rebus air sampai mendidih lalu masukkan pati ke air mendidih dan jangan berhenti mengadukknya sampai lumer mirip jenang.
  3. Tambahkan daun pandan agar sedap aromanya.
  4. Setelah matang dan berwarna kehitam – hitaman  maka matikan apinya dan tuang jenang pati ke ayakan atau saringan berlobang untuk membuat cendolnya. Tetapi pastikan wadah untuk penadahnya diberi air dingin agar tidak lengket.
  5. Selanjutnya biarkan jenang pati yang masih lembut ini untuk turun sendiri dan menjadi cendol.
  6. Kemudian dinginkan selama sekitar setengah jam.
  7. Lalu bilas dengan air dingin lagi, maka sudah jadi cendolnya.
  8. Selanjutnya campurkan gula jawa, gula pasir dan gula batu dengan daun pandan dan direbus sampai gulanya larut.
  9. Untuk membuat santan, parutlah kelapa lalu remas remas hingga keluar santannya. Selanjutnya rebus santan dan tunggu hingga dingin.
  10. Selesai, sajikan es dawet bayat dengan mencampurkan semua bahan tersebut dan tambahkan es batu.


Mudah bukan cara pembuatan minuman es dawet bayat ini. Kamu bisa membuat sendiri di rumah dengan mudah, apalagi minuman ini juga cocok di konsumsi sebagai minuman dingin untuk berbuka puasa.

Demikianlah ulasan kali ini seputar resep membuat es dawet bayat yang manis dan segar. Semoga tutorial memasak ini bermanfaat untuk kamu, selamat mencoba!.

Advertisement
Resep Es Dawet Bayat Manis dan Segar | Andri Widodo | 5