Cara Membuat Kue Kaktus Manis dan Enak

Advertisement
Kue merupakan salah satu hidangan wajib saat lebaran. Saat ini sudah banyak sekali jenis kue yang ada di masyarakat. Salah satu kue yang sedang populer saat ini adalah kue kaktus. Dan di dalam artikel kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai resep kue kaktus dan cara membuatnya.

Selain disebut dengan nama kue kaktus, kue kering satu ini juga populer dengan nama kue akar kelapa. Karena memang kue ini juga berbentuk mirip dengan akar kelapa. Walau begitu kamu dapat mengkreasikan bentuk kue kaktus sesuai selera. Kue ini bahkan dapat dibentuk melingkar seperti obat nyamuk. Rasa kue kaktus sendiri di dominasi dengan rasa manis dan gurih.

resep dan cara membuat kue kaktus

Cara membuat kue kaktus atau kue akar kelapa juga terbilang mudah. Bahan bahan yang digunakan juga mudah ditemui di pasaran. Tentu akan lebih baik kamu memasak sendiri kue kaktus di rumah daripada harus membeli di toko. Selama takarannya pas, kami jamin rasa kue kaktus buatan kamu tetap enak dan tak kalah dari buatan toko.


Resep Kue Kaktus Enak


Bahan Kue Kaktus Manis


  • Tepung ketan sebanyak 250 gram
  • Tepung tapioka sebanyak 50 gram
  • Wijen sebanyak 4 sdm
  • Garam sebanyak 1/2 sdt
  • Gula pasir halus sebanyak 60 gram. Boleh ditambah jika ingin lebih manis.
  • Telur sebanyak  3 butir, dikocok lepas
  • Santan sebanyak 100 ml. Bisa juga menggunakan santan kental instan.



Cara Membuat Kue Kaktus


  1. Pertama, campur tepung ketan, tepung tapioka, gula, garam dan wijen menjadi satu dalam satu wadah. Kemudian aduk semua bahan tersebut hingga tercampur secara merata.
  2. Masukkan santan dengan sedikit demi sedikit hingga adonan terasa kalis. Jika adonan sudah menjadi kalis, hentikan penambahan santan dan diamkan adonan selama sekitar 15 menit. Selanjutnya adonan di cetak menggunakan cetakan.
  3. Kemudian panaskan minyak dalam wajan. Jika ingin bentuk kue menjadi lurus, kamu bisa menggunakan wajan datar. Nyalakan kompor dengan api sedang saja, karena api yang terlalu panas akan membuat kue kaktus menjadi mudah gosong.
  4. Setelah minyak sudah panas, kembali kecilkan sedikit nyala apinya dan masukkan kue yang telah di cetak untuk di goreng.
  5. Goreng secara perlahan sambil sesekali dibalik agar matang secara sempurna dan tidak gosong. Kue yang matang akan berwarna kuning keemasan, angkat lalu tiriskan.



Ulangi terus menerus hingga semua adonan sudah menjadi kue kaktus yang matang. Mudah bukan cara memasang kue akar kelapa alias kue kaktus ini?. Kue ini cocok sekali untuk dihidangkan sebagai camilan untuk keluarga.

Kue yang sudah matang dapat kamu simpan dalam toples transparan dan tutup dengan rapat. Selamat mencoba mempraktekkan resep kue kaktus dari kami dan jangan lupa simak juga kumpulan resep kue lainnya hanya di tabloid resep.

Advertisement
Cara Membuat Kue Kaktus Manis dan Enak | Andri Widodo | 5