Resep dan Cara Membuat Wedang Jahe Alang-alang Hangat dan Segar

Advertisement
Wedang jahe adalah salah satu minuman khas Indonesia yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat utama minuman ini adalah untuk menghangatkan badan ketika saat udara dingin di musim hujan. Berita baiknya, resep dan cara membuat wedang jahe alang alang yang hangat dan segar sangatlah mudah.

resep membuat wedang jahe alang alang menyegarkan

Wedang jahe sendiri memiliki banyak varian berbeda di banyak daerah. Di Jogja cukup terkenal wedang uwuh yang bahan dasarnya juga jahe. Sementara wedang jahe alang alang sendiri cukup populer di daerah Pekalongan.

Minuman ini cocok dinikmati saat hawa dingin karena hujan bahkan dapat bermanfaat di konsumsi saat sedang demam. Lebih nampol lagi kalau sambil memakan pisang goreng yang hangat. Nah buat kamu yang penasaran bagaimana cara membuat minuman hangat wedang jahe alang alang, berikut ini resep lengkapnya.

Resep Minuman Wedang Jahe Alang-alang Tradisional


Bahan-bahan Wedang Jahe :

  • alang-alang 1 ons
  • daun pandan wangi 1 lembar
  • gula merah 500 gram
  • 6 buah jahe, dibakar dan dimemarkan
  • air 2 liter
  • 2 batang kamijoro, dimemarkan
  • gula pasir 300 gram


Cara Pembuatan 


  1. Campuran kesemua bahan bahan tersebut menjadi satu, letakkan di satu wadah.
  2. Kedua, rebus semua bahan tersebut dalam air putih hingga mendidih dan mulai mengeluarkan aroma jahe. Aduk merata untuk melarutkan gulanya, cicipi juga sedikit demi sedikit jika kurang manis tinggal tambahkan gula hingga mendapatkan rasa yang pas di lidah kamu.
  3. Selesai, wedang jahe tradisional buatan kamu sudah siap dinikmati.


Sebenarnya bisa juga sih membuat wedang jahe dengan hanya di rendam dalam air panas. Akan tetapi rasanya tidak akan senampol dan seenak menggunakan air yang direbus.

Sangat mudah bukan cara membuat minuman khas penghangat badan ini?. Tak butuh banyak waktu dan bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Mulai sekarang kamu bisa memasaknya sendiri di rumah kapan saja kamu mau.

Demikianlah resep dan cara membuat wedang jahe alang-alang khas yang hangat dan menyehatkan. Semoga resep ini bermanfaat buat kamu, lihat juga resep minuman lainnya dari tabloid resep.


Advertisement
Resep dan Cara Membuat Wedang Jahe Alang-alang Hangat dan Segar | Andri Widodo | 5